Kabar Desa

Kabar Detail

Penanganan Bencana Alam Banjir 2021 di Pidodokulon

  • 29/01/2021
  • pidodokulon

Sebagai upaya Pemerintah Desa Pidodokulon dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat Dusun Pilangsari Rt. 02 dan Rt. 03 yang terkena dampak luapan Sungai Bodri di tahun 2021. Maka Pemdes Pidodokulon telah membentuk Satgas Penanggulangan Bencana ( Satgas Tagana) yang  melibatkan unsur Pemdes, TP. PKK Desa Pidodokulon, Karang Taruna Jaya Bakti, Ketua RT/RW dan Relawan dari lapisan unsur masyarakat.

Laporan tertulis dibuat sebagai sebuah laporan yang menggambarkan kerugian yang diderita petani, nelayan dan warga pada musim penghujan tahun 2021 ini.

Curah hujan yang tinggi di hulu Sungai Bodri menjadi penyebab terjadinya banjir tahun ini.Di tambah rusaknya lahan serapan air seperti hutan dan tanaman-tanaman yang ada di daerah hulu Bodri ikut memperparah banjir.

Satgas Tagana telah mengambil langkah cepat untuk membentuk Dapur Umum yang di tempatkan di rumah Bapak Kinanto ( Sekdes Pidodokulon ). Pada hari kedua banjir ada inisiatif dari Pemdes dan Forkompincam untuk memohon diadakannya Dapur Umum oleh Dinas Sosial Kendal.Dari Dinsos Kendal dapur umum menyediakan 400 nasi bungkus untuk Pidodokulon untuk 3 kali makan dan 400 nasi bungkus untuk Pidodowetan untuk 2 kali makan.

Dengan diberitakannnya banjir di Pilangsari Pidodokulon di medsos menarik simpati pada dermawan di Desa Pidodokulon, Ormas NU dan pihak lain seperti Group FB Cah Kendal Ra, Alumni SMPN 2 Patebon Tahun 1990 dan beberapa pihak lain.

Dengan adanya bencana banjir yang terus berulang setiap tahunnya menjadi pekerjaan rumah bersama para pemengku kebijakan yang ada di Pemeritahan dari yang terendah sampai Pemerintah Pusat untuk membuat kebijakan strategis demi menciptakan Bumi Pertiwi sebagai tempat yang nyaman untuk di huni.

Dimasa Pandemi Covid-19 yang masih membayangi dan berbagai bencana yang terjadi menjadi sebuah peringatan bagi orang yang mau mengambil pelajaran bahwa dibalik semua yang telah dikerjakan manusia untuk berikhtiar mananggulangi wabah dan bencana ada kuasa dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa yang berkehendak dan menciptakannya.Semoga warga yang terkena bencana, wabah dan cobaan tetap tabah bersabar dan dikuatkan serta diteguhkan imannya, Aamiin.....



Share