Pidodokulon - Melestarikan Tradisi Desa : Perangkat Desa Pidodo Kulon dan Tim KKN MIT Posko 129 Menggelar Keliling Desa Sambut 1 Muharram

Melestarikan Tradisi Desa : Perangkat Desa Pidodo Kulon dan Tim KKN MIT Posko 129 Menggelar Keliling Desa Sambut 1 Muharram

Pidodo Kulon, 7 Juli 2024 -- Dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah, perangkat Desa Pidodo Kulon dan mahasiswa KKN MIT Posko 129 UIN Walisongo Semarang mengadakan acara keliling desa. Acara yang telah menjadi tradisi turun temurun ini selain bertujuan untuk memperingati tahun baru hijriyah, sekaligus bertujuan untuk melestarikan budaya leluhur dan memperkuat rasa cinta terhadap Desa Pidodo Kulon yang terletak di Kecamatan Patebon, Kendal.


Acara tersebut dihadiri oleh para perangkat desa Pidodo Kulon, seperti kepala desa, sekretaris desa, kepala dusun, hingga kepala seksi. Keliling desa ini dipimpin oleh Kepala Desa, Bapak Didik Prastiawan. Selain itu, para mahasiswa KKN MIT Posko 129 UIN Walisongo Semarang turut serta dalam acara ini, menambah semarak dan kekhidmatan suasana.

Keliling desa ini diawali dengan pembacaan doa di balai desa pada minggu dinihari, 7 Juli 2024, pukul 00.00 WIB. Setelah doa, rombongan yang dipimpin oleh kepala desa mulai berkeliling desa. Rute keliling desa ini mencakup seluruh wilayah desa, dengan singgah sebentar di makam leluhur untuk membaca doa, sebelum kembali lagi ke balai desa.

Acara ini tidak hanya menjadi bentuk pelestarian budaya, tetapi juga sebagai momentum mempererat hubungan antar perangkat desa dengan para mahasiswa KKN. Dengan melibatkan generasi muda, diharapkan tradisi ini dapat terus dilestarikan dan diwariskan ke generasi berikutnya.

Kepala Desa Didik Prastiawan mengungkapkan, "Keliling desa ini bukan sekadar tradisi, tetapi juga wujud penghormatan kepada leluhur kita dan cara kita menguatkan kebersamaan di desa."

Dengan diadakannya acara keliling desa ini, diharapkan semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap budaya serta desa Pidodo Kulon semakin kuat, sekaligus membawa keberkahan untuk seluruh warga desa Pidodo Kulon.


Dipost : 2024-07-07 16:52:57 | Dilihat : 27

Share :