Potensi Detail

Rembuk Tani dalam Upaya Menggali Permasalahan Pertanian

pidodokulon.desa.id Dalam rangka upaya peningkatan produktifitas pertanian warga desa Pidodokulon, Kepala Desa bersama  tokoh pertanian baik dari Poktan, Gapoktan dan petani desa Pidodokulon melaksanakan Rembuk Pertanian, hari ini. (10/11).

Bertempat di Aula Balai Desa pagi ini, Kades Pidodokulon bapak Didik menyampaikan bahwa untuk mencapai produktifas pertanian yang tinggi, pemerintah desa tidak dapat bekerja sendiri. Guna tercapainya hal tersebut, dibutuhkan dukungan dan kerjasama antara pemerintah desa dan masyarakat petani di wilayah desa Pidodokulon. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini, beliau berharap masyarakat petani dapat memberikan masukan, usulan sehingga dapat dijadikan patokan untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Adapun beberapa usulan yang tertampung yakni, tentang pengedukan salurah irigasi di areal sungai aseman, meningkatkan rutinitas normalisasi sungai dari sampah, regenerasi tukang tandur, pembiayaan sewa traktor dengan sistem DP, dan penambahan jumlah stok pupuk untuk mencukupi kebutuhan petani, serta menghidupkan kembali salurah irigasi dari blok kuburan ke arah lapangan sampai dengan sawah bujel.

Selain itu, pengurus lumbung desa memberikan informasi tambahan bahwa lumbung desa menyediakan benih padi dengan harga Rp. 45.000 per bungkus dengan berat 5kg, dengan selisih harga yang lebih murah dibandingkan dipasaran.



Share