Pidodokulon - BUPATI KENDAL MENGAJAK PPDI SELALU MENJAGA KEHARMONISAN HUBUNGAN KERJA

BUPATI KENDAL MENGAJAK PPDI SELALU MENJAGA KEHARMONISAN HUBUNGAN KERJA

Kendal- Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, H. Moh Toha, S.T., M.Si., mewakili Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., menghadiri Pengukuhan dan Penyerahan SK pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Tingkat Kecamatan dan Koordinator Desa Se-Kabupaten Kendal, Rabu (8/1/2019) bertempat di Rumah Makan H. Ismun 5 Gemuh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Turut hadir dalam acara tesebut, Kepala OPD terkait, Camat Gemuh, Ketua Umum PPDI, Mujito, S.H., dan diikuti oleh ratusan pengurus kecamatan dan koordinator desa Se-Kabupaten Kendal.

Disampaikan oleh Ketua PPDI Kendal, Kumaedi, S.H., bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut setelah pengukuhan pengurus tingkat kabupaten. "Pengukuhan pengurus tingkat kecamatan dan koordinator tingkat desa Se-Kabupaten Kendal ini adalah lanjutan setelah pengukuhan PPID tingkat Kabupaten Kendal," ujarnya.

Menurut Kumaedi dalam kegiatan ini juga akan meluncurkan Program Koenteng yang merupakan program nasional PPDI, yaitu kegiatan sosial solidaritas untuk saling membantu gotong royong ketika terjadi suatu bencana di masing-masing daerah.

Sementara itu, Sekda Kendal H. Moh Toha mewakili Bupati Kendal dalam sambutannya menyampaikan, "atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi, saya menyampaikan ucapan selamat kepada Saudara-saudaraku semua yang baru saja dikukuhkan menjadi pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan dan Koordinator Desa se-Kabupaten Kendal. Semoga amanah yang telah dipercayakan kepada saudara-saudara semua, dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab untuk kepentingan masyarakat, serta dapat memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan pembangunan daerah dan Desanya".

"Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada keluarga besar PPDI, atas dedikasi dan pengabdian yang selama ini yang telah saudara-saudara berikan dimanapun saudara bertugas, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di desanya. Karena keberhasi|an pemerintah daerah dalam melaksanakan fungsi dan programnya adalah peran dan andil dari saudara-saudara semua. Semoga organisasi ini kedepan tetap solid dan selalu oergerak bersama dalam kemasyarakatan dan sosial," tambah Sekda Moh Toha.

Ia juga mengajak kepada segenap anggota PPDI untuk selalu menjaga keharmonisan hubungan kerja yang baik dengan Kepala Desa, BPD, RT-RW serta Perangkat Desa lainnya dan masyarakat di Desanya. PPDI harus kuat dan kompak sekaligus dapat membantu pemerintahan yang ada di kabupaten serta menjaga marwah perangkat desa itu sendiri. PPDI adalah bagian dari leading sektor pembangunan yang harus sama-sama kita jaga harkat dan martabatnya ditengah masyarakat, baik bagi PPDI maupun bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal.

"Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, agar dapat dijadikan dasar menjaga kinerja dan kerja sama antar pemangku kepentingan di desa. Harmonisasai pembangunan di Desa penting untuk mencapai desa yang sejahtera dan maju," tutur Moh Toha.

Sekda Kendal mengatakan, salah satu langkah penting meningkatkan kesejahteraan warga Desa dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). "Lewat Iembaga inilah, agar pemerintah desa dapat meningkatkan pendapatan asli desa. Sekaligus membuka usaha ekonomi produktif warga. Namun juga mengingatkan agar Bumdes yang dibentuk memiliki dasar hukum yang jelas. Sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Harus jelas (dasar hukum) kepemilikan Bumdes itu benarbenar milik desa dan digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan warga desanya," katanya.

Dirinya mengimbau kepada para perangkat desa di Kendal untuk memanfaatkan teknologi informasi guna mendukung kinerja. Sebab perkembangan dunia di era industri 4.0 saat ini nyaris mensyaratkan penggunaan internet di hampir semua lini kehidupan. Karena keberhasilan suatu desa harus mampu mensejahterakan warganya lewat pengelolaan Bumdes yang efektif dan didukung dengan pemanfaatan teknologi informasi.

"Mari kita kembangkan pemikiran yang out of the box untuk kesejahteraan warga desa. Marilah kita bersinergi dalam kekuatan dan kekompakan organisasi ini jangan sampai nama baik PPDI tercoreng atau terjadi hal-hal yang tdk kita inginkan," ajak Sekda Kendal sekaligus menutup sambutan Bupati Kendal dan membuka acara pengukuhan tersebut.


Dipost : 10 Januari 2020 | Dilihat : 547

Share :

s